Peluang Usaha Sablon Digital

Usaha sablon digital kini menjadi pilihan yang menarik. Mengapa tidak teknologinya sudah ada, tinggal copy paste, praktis dan hasilnya lumayan. Untuk lebih jelasnya mari kita selami seluk beluk dan peluang usaha sablon digital.

Bisnis sablon digital memiliki ceruk pasar pasar yang baru tumbuh dan berkembang. Obyek bidikan bisnis sablon digital, tidak hanya konsumen pribadi saja, tapi industri besar, kantor swasta dan pemerintah juga membutuhkannya. Khususnya mereka pebisnis tentunya ingin bisnisnya dikenal luas, maka mereka tidak akan meninggalkan kegiatan promosi. Usaha sablon digital inilah yang akan menjadi metoda promosi yang menarik.

Pasar yang lapar seperti ini sangat menguntungkan usaha sablon digital, Sebab para pengusaha butuh produk sablon digital untuk media promosi sebagai upaya menarik perhatian pelanggan.  Pada umumnya  jenis usaha sablon, akan mengalami masa panen pada sudah musim pilkada. Semua kandidat butuh promosi baik itu pada pemilihan kepala dareah ataupun pemilihan legislative.

Para calon legislatif itu membutuhkan layanan sablon digital untuk memproduksi souvenir sebagai sarana promosi pencalonan mereka.  Para pengusaha sblon digital akan kebanjiran order gede ketiaka musim pilkada.


Perbandingan antara bisnis sablon manual dengan bisnis sablon digital.

Sablon didital memiliki keunggulan dibanding sablon manual. Kualitas produk sablon digital lebih bagus. Sablon digital memberikan peluang untuk penggunaan warna yang sempurna, full colour. Sedangkan untuk sablon manual penggunaan warnanya terbatas pada beberapa saja. Dalam pelaksanaannya sablon digital menggunakan teknologi printer berwarna sehinggga gambarnya juga bagus bisa didesain langsung dengan komputer, warna bisa lengkap. Selanjutnya gambar bisa di transfer dari media cetak printernya ke media promosi seperti piring, mug, gelas, kaos dan media lainnya.

Usaha sablon digital ini membutuhkan modal yang tergolong sedang,  kurang dari tujuh jutaan. Berikut ini kami paparkan contoh kalkulasi biaya produksi sablon digital dengan media sebuah T-sirt/kaos.

Harga kaos polos jadi : Rp 17.000

Kertas untuk Transfer : Rp 250

Biaya cetak           : Rp 1.280

Total biaya produksi = Rp 18.510

Perkiraan harga jual (tergantung situasi dan kondisi) berkisar = Rp 35.000 – Rp 40.000

Margin keuntungan = 100% lebih.

Peralatan minimal yang mesti disiapkan untuk menjalankan usaha sablon digital, antara lain perangkat komputer, printer inkjet dan media cetaknya (kertas transfer), Mesin press atau mesin transfer gambar, masing-masing media mempunyai mesin press yang berbeda, media kaos mesin pressnya datar, media mug mesin pressnya melengkung sebagaimana bentuk mug.

Untuk membeli mesin sablon digital tidaklah sulit karena banyak produsen yang telah merancang dan menjual aneka mesin sablon digital. Tinggal kita memilih mana yang kualitas dan harganya sesuai dengan kebijakan kita, ada baiknya anda memilih mesin sablon digital yang bergaransi servis dengan jangka waktu yang panjang.

Hendaklah anda juga memilih tinta yang kualitasnya terbaik. Warna tajam, tidak mblobor dan tidak luntur kena air.

Jangan lupa sebelum memulai usaha, minta petunjuk pada Yang Kuasa. Istikhoroh. Semoga kesuksesan menyertai Anda.

Comments

Popular Posts